Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Kemdikbud melalui BPKLN, Bapak Abe Susanto sebagai Koordinator Program Beasiswa Unggulan dan juga STP Sahid Jakarta yang memberikan kesempatan ini, khususnya kepada Bapak Kusmayadi, Ibu Nenny Wahyuni, Bapak Asep Parantika dan Bapak Teguh Tri Utomo yang telah membantu persiapan keberangkatan. Yang terakhir kepada CCF dan Campus France yang telah membantu pembekalan bahasa dan budaya Perancis melalui program-program yang telah mereka berikan.

Rabu, 03 April 2013

Studi Kasus: Club Mediteranian, Manfaat Ekonomi Bagi Negara Maju dan Negara Berkembang



Apakah manfaat dan masalah ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap :
a. Negara dengan perekonomian maju (Seperti Italia dan Amerika Serikat)?
b. Negara dengan perekonomian sedang berkembang
Jawaban:
a.    Negara – Negara maju seperti Amerika & Italia cukup  merasakan manfaat dari pembangunan Club Med Village walaupun mereka memiliki sumber pendapatan disektor lain yang lebih besar manfaatnya seperti  Gas dan Minyak, Pertambangan, Teknologi, dll. Mereka lebih mempunyai segmen pasar yang jelas dibandingkan dengan negara – negara berkembang, karena pendapatan perkapitanya yang besar sehingga menimbulkan penduduk kelas ekonomi menengah keatas yang tentunya lebih banyak dari negara berkembang. Penduduk kelas ekonomi menengah ke atas inilah yang menjadi segmen pasar dari Club Med. Negara – negara maju memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya pariwisata bagi perkembangan ekonominya seperti pembangunan Club Med di Desa – desa yang memiliki daya tarik wisata yang indah dan mengeskplornya dengan konsep yang mereka miliki sehingga membuat lebih menarik untuk dikunjungi dan juga menciptakan lapangan pekerjaan baru. Manfaat langsung yang paling dirasakan terjadi di akomodasi, Resataurant, Trasnportasi, hiburan dan retail (pedagang Eceran). Masalah Ekonomi yang ditimbulkan adalah harga saing yang terlalu mahal meskipun memiliki masyarakat menengah ke atas yang besar karena sulit untuk mepertahankan tingkat wisatawann. Seperti yang trjadi pada akhir tahun 1990an dimana perusahaan Cub Med mengalami krisis keuangan.
b.   Club Med dalam negara perekonomian berkembang bisa meningkatkan pertumbuhan pariwisata. Dan dapat memanfaatkan Club Med ini untuk memperkenalkan budaya budaya yang terkandung di negara tersebut dan bisa membuat  negara tersebut menjadi terkenal dari sebelumnya. Masalah ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap Negara dengan perekonomian sedang berkembang: yaitu rata rata para pengunjung hanya yang berasal dari golongan perekonomian yang tinggi karna Club Med memiliki harga yang cukup mahal untuk atau bagi negara berkembang ini. Club Med juga menetapkan standard-standar, produk serta mengendalikan pemasaran dan harga yang relatif tinggi.

1 komentar: